Uncategorized

Mengobati Tenggorokan Kering di Rumah Secara Alami

Ada banyak hal atau kegiatan yang terganggu ketika seseorang mengalami tenggorokan kering. Semisal, kesulitan untuk tidur di malam hari dan ini bisa mengganggu aktivitas siang hari.

Kondisi tenggorokan kering bisa dibareng dengan gatal, dan ini biasanya disebabkan oleh peradangan di faring, yaitu tabung yang menghubungkan bagian belakang hidung dan mulut ke kerongkongan yang mengarah ke lambung.

Beberapa faktor dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit di tenggorokan

Dalam kebanyakan kasus, itu terjadi selama bulan-bulan musing dingin ketika udara kering dan infeksi saluran pernapasan atas menyebar. Tenggorokan kering juga bisa menjadi kondisi lain seperti mononukleosis, radang amande, radang tenggorokan, asam lambung meningkat, flu, pilek, demam atau alergi.

Kadang, tenggorokan kering merupakan tanda dari masalah kesehatan spele, seperti berbicara berlebihan, merokok, atau dehidrasi.

Beberapa gejala tenggorokan kering bisa memburuk ketika pagi hari atau bangun tidur. Gejala tersebut termasuk kesulitan menelan, tenggorokan gatal, dan kelenjar di leher membengkak.

Gejala-gejala tersebut pula disertai dengan infeksi, yang juga bisa timbulkan sakit kepala, nyeri di seluruh tubuh, demam, dan kelelahan.

Sebelum melakukan solusi atau pengobatan, ketahui dahulu kondisi yang tengah dialami. Sementara itu, terdapat banyak pengobatan rumah efektifk yang bisa digunakan untuk meringankan gejala dan mengatasi penyebabnya.

Ingat: Bila gejala menetap selama lebih dari beberapa hari, penderita harus menemui dokter.

Tenggorokan yang kering bisa diatasi dengan beberapa hal di bawah ini:

Berkumur dengan air garam

Ini merupakan cara paling sederhana dan efektif untuk mengatasi tenggorokan kering.

Ketahuilah garam memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang mampu membantu membersihkan infeksi akibat mikroba dengan membatasi pertumbuhannya. Ini juga membantu mengeluarkan lendir dan dahak dari tenggorokan dan menjaga mulut tetap terhidrasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMC Health Services Research pada 2008 menemukan bahwa berkumur tiga kali sehari dengan air garam dapat menurunkan 40 persen infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Madu

Gejala tenggorokan kering bisa diringankan oleh madu, karena sifat pelembap dan humektannya. Madu ini pula mengandung sifat antibakteri, antimikroba dan antiseptik yang dapat melawan mikroba penyebab infeksi dan menyebabkan tenggorokan kering.

Cairan ini juga bertindak seperti osmotik hipertonik, yang berarti mampu membantu mengeluarkan air dari jaringan yang meradang dan dengan demikian mengurangi pembengkakan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel ini dapat menjadi obat kumur atau ditambahkan ke dalam teh panas atau segelas air untuk melawan infeksi dan alkali tubuh. Cuka ini bisa membantu sembuhkan tenggorokan kering dan sakit yang disebabkan oleh alergi atau infeksi.

Lantaran sifat antibakterinya, cuka sari apel bisa membantu melawan mikroba. Dan pula membantu menjaga keseimbangan pH mulut, sehingga menjaga mulut tetap lembab untuk mencegah atau mengobati tenggorokan kering.

Permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet bebas gula adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mengatasi tenggorokan kering. Aktivitas mengunyah merangsang aliran air liur di mulut dan tenggorokan Anda. Setelah produksi air liur meningkat, tenggorokan menjadi lembab, yang pada gilirannya mampu memberikan bantuan pada tubuh untuk mengatasi masalah di tenggorokan.

Elm licin

Bahan herbal ini mengandung lendir, zat seperti gel yang bisa melapisi tenggorokan, mengurangi rasa sakit dan mengurangi iritasi. Sehingga beberapa hal tersebut dari bahan ini mampu dijadikan sebagai obat untuk tenggorokan kering.

Ini juga mampu merangsang produksi air liur, yang penting untuk meringankan gejala tenggorokan kering.

Licorice

Licorice termasuk dalam obat lain yang bisa membantu menyingkirkan tenggorokan kering. Bahan ini pula memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang memberikan bantuan terhadap infeksi yang mungkin menyebabkan tenggorokan kering.

Cabai rawit

 

Untuk menenangkan tenggorokan yang kering, cabe rawit juga bisa sangat efektif mengatasi masalah tenggorokan ini.

Jenis cabai ini mengandung sejumlah capsaicin, dengan senyawa yang kaya akan sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Serta dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan pula mengatasi infeksi yang mendasari tenggorokan kering. Selain itu, cabai rawit ini mampu meringankan rasa sakit yang mungkin dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: