Uncategorized

Mengenal Tanda-Tanda Awal Serangan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di beberapa negara di dunia. Di negara Amerika Serikat, misalnya yang setiap tahunnya ada 735 ribu orang yang mengalami salah satu gejala dari penyakit jantung.

Baiknya penderita penyakit jantung segera mendapat penanganan

Mengenal Tanda-Tanda Awal Serangan Jantung

Kondisi penderita serangan jantung (akibat penyakit jantung) bisa membaik bila mendapatkan perawatan gawat darurat sesegera mungkin. Tindakan ini bisa meningkatkan peluang penderita untuk bertahap hidup.

Obat modern saat ini untuk mengatasi penyakit jantung, terutama serangan jantung cukup untuk menurunkan kondisi serangan jantung yang terjadi, serta beragam kondisi yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Perawatan yang dilakukan medis mampu menghentikan atau meminimalisir keruskan yang terjadi di organ jantung akibat serangan jantung. Serangan jantung ini bakalan merusak otot jantung bila aliran darah ke jantung menurun selama terjadi serangan jantung.

Ingat bahwa darah ini membawa oksigen, yang diperlukan untuk fungsi otot jantung. Organ jantung yang kekuangan oksigen bisa menganggu fungsi dan bahkan sebabkan kematian.

Penting sekali untuk menderita mendapat perawatan medis atau mestinya segera dibawa unit gawat darurat. Oleh sebab itu, amat penting juga untuk mengetahui tanda-tanda awal serang jantung.

Baca terus untuk mengetahui tanda-tanda awal dari serangan jantung, juga cara meningkatkan kesehatan jantung.

Inilah tanda-tanda awal dari serangan jantung pada pria

  • Nyeri Dada: Nyeri dada sudah dianggap sebagai gejala utama dari serangan jantung. Faktanya, tanda ini adalah gejala awal serangan jantung pada pria. Nyeri dada yang disebabkan oleh serangan jantung dapat terasa seperti dada diremas, tertekan atau merasakan ketidaknyamanan.
  • Nyeri di area tubuh lain: Pria mungkin juga mengalami nyeri di perut, rahang, punggung, dan lengan. Nyeri dapat disertai dengan nyeri dada atau bisa juga terjadi pada satu atau lebih area.
  • Sesak Nafas: Sesak nafas ini menjadi tanda ke tiga serangan jantung. Sesak napas terasa seperti tidak bisa bernafas atau susah untuk bernafas.
  • Gejala Lain: Serangan jantung dapat dibarengi oleh sejumlah gejala lainnya. Mual, muntah, pusing, dan keringat dingin semuanya bisa menjadi tanda serangan jantung. Banyak dari gejala-gejala tersebut bisa menjadi tanda dari suatu kondisi lain. Kepala terasa ringan atau lightheadedness (rasa tidak menyenangkan dari pusing dan/atau perasaan akan pingsan.) dapat disebabkan oleh melewatkan makan siang, misalnya.

Tanda-tanda awal dari serangan jantung pada wanita

  • Sesak napas: Gejala sesak napas tidak hanya dirasakan oleh pria yang mengalami serangan jantung, tapi juga oleh wanita.
  • Nyeri dada: Wanita yang mengalami serangan jantung bisa disertai nyeri dada. Hanya saja tidak umum seperti yang terjadi pada pria.
  • Nyeri di beberapa area tubuh: Gejala serangan jantung bisa dibareng pula dengan sakit di area rahang.
  • Gejala lain: Serangan jantung pada wanita dapat barengi dengan beragam gejala. Mual, muntah, dan lightheadedness disertai gangguan pencernaan, kelelahan, dan stres. Beberapa penderita wanita bisa kesulitan tidur meskipun mereka merasa lelah, ketika mengalami serangan jantung.

Mencegah serangan jantung

Aktivitas pencegahan sama pentingnya seperti seseorang penderita serangan jantung yang mesti segera mendapat perawatan medis. Berikut bebrapa hal yang bisa cegah serangan jantung.

Berhenti merokok

Merokok bisa menyebabkan penyakit jantung, serta penyakit lainnya. Jadi berhentilah untuk merokok. Jauhi juga asap rokok dari mereka yang sedang merokok.

Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan bisa membebani fungsi jantung. Pertahankanlah berat badan sehat atau ideal. Bila berat badan berlebih, bisa segera melakukan aktivitas yang bisa menurunkan berat badan.

Selalu konsumsi makanan bernutrisi

Studi menunjukan bahwa makanan dengan antioksidan tinggi seperti buah delima dan bawang putih dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Hindari makanan yang disertai gula olahan atau berminyak lebih. Cobalah makan makanan yang kaya antioksidan.

Olahraga secara teratur

Semakin tubuh sering berolahraga, semakin sehat kondisi jantung Anda. Wajarnya lakukan olahraga tiga kali seminggu selama minimal satu jam.

Selalu pantau tekanan darah dan gula darah, bila diperlukan

Jika Anda didiagnosis menderita tekanan darah tinggi atau gula darah tinggi, pantau selalu kadarnya secara teratur. Bila kedua komponen tersebut kadarnya di atas normal bisa sebabkan serangan jantung.

Ada banyak tanda peringatan dini serangan jantung, dan itu berbeda antara pria dan wanita. Kenali ragam tanda awal dari serangan jantung ini, agar bisa segera dibawa ke ahli medis atau menemui sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: