Uncategorized

Mengenal Lebih Dekat Biji Anggur Sebagai Obat Herbal

Buah anggur telah tersohor akan khasiatnya sejak ribuan tahun yang lalu. Masyarakat Mesir, misalnya, mereka telah mengonsumsi buah anggur ini setidaknya selama 6000 tahun lalu. Dan beberapa filsuf Yunani kuno memuji kemampuan penyembuhan dari buah anggur ini, mereka biasanya mengonsumsi buah anggur ini dalam bentuk minuman (wine).

Masyarakat Eropa pun membuat salep dari getah tanaman anggur untuk mengobati penyakit kulit dan mata. Daun anggur digunakan juga untuk menghentikan perdarahan, peradangan, dan mengatasi rasa sakit. Selain itu, buah anggur segar dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, dan kismis untuk atasi sembelit.

Bentuk buah yang bulat, dengan rasa manis sedikit asam ini digunakan juga sebagai alternatif dalam mengobati masalah kesehatan termasuk kanker, kolera, cacar, mual, infeksi mata, dan kulit, ginjal, dan hati.

Kandungan dalam buah anggur, terutama oligomer proantosianidin kompleks (OPC) dalam biji anggur, telah disebut sebagai antioksidan kuat. Beberapa orang percaya kandungan ini dapat membantu dalam mengobati sejumlah penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga kanker. Meskipun bukti ilmiah sebagian besar masih belum terbukti, tapi terbukti bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu mengatasi insufisiensi vena kronis dan edema.

Dan memang bahwa ekstrak biji anggur secara substansial dapat tingkatkan kadar antioksidan tubuh. Antioksidan adalah zat yang dapat memberantas radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan senyawa berbahaya yang bisa merusak DNA dan bahkan sebabkan kematian sel-sel tubuh. Para ilmuwan percaya radikal bebas berkontribusi besar terhadap penuaan, serta dapat mengembangkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Sedikit terkait tumbuhan rambat anggur

Tanaman anggur ini merupakan asli Asia, tepatnya di dekat Laut Kaspia, tapi tanaman ini juga dibawa ke Amerika Utama dan Eropa. Anggur ini jenis tanaman merambat, daunnya bergerigi, dan kulit batangnya cenderung mengelupas. Buahnya ada yang ungu, hijau, atau merah.

Kandungan penyembuh dalam buah anggur

Dalam buah anggur ini terdapat Vitamin E, flavonoid, asam linoleat, dan OPC yang sangat terkonsentrasi dalam biji anggur. Dapat pula ditemukan dalam kulit buah anggur.

Penggunaan buah anggur sebagai obat

Hari ini, ekstrak dari biji anggur bisa didapatkan secara instan dan bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan masalah akibat radikal bebas, termasuk diabetes, jantung, dan kanker. Ekstrak biji anggur juga telah dipakai sebagai proteksi terhadap infeksi bakteri, seperti Staphylococcus aureus.

Flavonoid yang ditemukan dalam buah anggur merah dapat membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan kolesterol LDL. Berikut beberapa kondisi yang bisa diatasi oleh biji anggur:

Insufisiensi vena kronis

Ini adalah suatu kondisi di mana dinding atau katup pembuluh darah balik (vena) di tungkai tidak berkerja secara efektif sehingga darah dari tungkai sulit dipompa kembali ke jantung. Sehingga sebabkan rasa sakit, bengkak di kaki, dan kelelahan. Sejumlah penelitian telah menunjukan bahwa OPC dalam biji anggur dapat mengurangi gejala dari insufisiensi vena kronis ini.

Edema

Edema, dapat disebabkan oleh tindakan operasi atau cedera, dan tampaknya kondisi ini dapat segera teratasi dengan mengonsumsi ekstrak biji anggur. Studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak biji anggur setelah mengalami cedera akibat latihan fisik akan mengurangi pembengkakan.

Kolesterol tinggi

kondisi kolesterol tinggi dapat teratasi dengan ekstrak biji anggur ini. Sebuah studi dilakukan terhadap 40 orang penderita kolesterol tinggi yang telah mengonsumsi ekstrak biji anggur, dan dalam 2 bulan kondisi kolesterol menurun.

Tekanan darah tinggi

Secara teoritis, ekstrak biji anggur dapat membantu turunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Antioksidan, seperti yang ditemukan di biji anggur, membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Kerusakan pembuluh darah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kanker

Studi telah menemukan bahwa ekstrak biji anggur dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, perut, usus besar, prostat, dan paru-paru. Antioksidan, seperti yang ditemukan dalam ekstrak biji anggur, dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker. Ekstrak biji anggur juga dapat membantu mencegah kerusakan sel hati manusia yang disebabkan oleh kemoterapi.

Kondisi lain

Ekstrak biji anggur juga bisa disarakan untuk mereka yang mengalami kondisi-kondisi di bawah ini:

  • Penyakit Alzheimer
  • Diabetes (meningkatkan kontrol gula darah)
  • Meningkatkan penglihatan pada malam hari
  • Melindungi kolagen tubuh dan elastin di kulit (anti-aging)
  • Mengobati wasir
  • Melindungi terhadap bakteri patogen

Demikianlah ragam kandungan biji anggur dengan khasiat yang dapat mengatasi beragam masalah kesehatan. Semoga dapat menjadi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *