Uncategorized

Uraian dan Cara Penyembuhan Radang Pita Suara Secara Alami

cara penyembuhan radang pita suara

Laringitis terjadi ketika bagian tenggorokan yang disebut laring berubah meradang. Ketika ini terjadi, kondisi tersebut menyebabkan suara serak yang dapat membuat suara Anda “parau” atau Anda mesti berbisik ketika akan berbicara. Bahkan kondisi di laring atau pita suara ini dapat menyebabkan hilangnya suara, untuk sementara.

Peradangan yang terjadi ini cukup umum terjadi dan merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh beberapa faktor atau kondisi lain. Berteriak terlalu keras dapat menyebabkan radang di laring, tetapi bisa juga radang pita suara ini diakibatkan infeksi virus dan bakteri atau penyakit lainnya.

Mengetahui penyebab sebenarnya dari laringitis adalah hal penting untuk menormalkan kembali kondisi laring. Ada dua jenis laringitis: akut dan kronis.

Penyebab

Kondisi laringitis akut mengacu pada suara serak atau kehilangan suara yang terjadi secara tiba-tiba, setelah penderita berteriak atau bersuara keras, atau mungkin terpapar asap rokok secara berlebih. Kondisi ini biasanya membaik ketika penderita menghindari apa-apa yang membuat tenggorokan terganggu (seperti asap rokok) dan ketika beristirahat.

Pilek atau influenza (flu) adalah penyebab umum laringitis akut, tetapi bisa juga laringitis  ini merupakan gejala bronkitis, pneumonia, dan campak. Dan suara serak bisa pula menjadi bagian dari reaksi alergi.

Sedangkan laringitis kronis berdasarkan lama terjadinya. Laringitias kronis berlangsung lebih dari satu minggu atau laringitis hilang-kambuh. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan permanen di lapisan tenggorokan.

Perubahan ini bisa disebabkan oleh laringitias akut yang terjadi secara berulang seperti yang kadang dialami oleh penyanyi, atau terjadi akibat dampak paparan berulang terhadap asap, debu, atau iritasi lainnya. Laringitis kronis dapat juga disebabkan oleh alergi dan postnasal drip atau gastroesophageal reflux disorder (GERD).

Dan laringitis kronis ini jarang disebabkan oleh kanker tenggorokan, tumor, dan lesi.

Lebih jarang penyebab laringitis kronis termasuk kanker tenggorokan, tumor bukan kanker pada pita suara, dan lesi seperti kutil yang disebut papilloma yang tumbuh di tenggorokan.

Gejala dan Komplikasi

Banyak dari penderita laringitis yang gejalanya berubah parah, sehingga tenggorokan atau suara mereka sangat serak atau bahkan kehilangan suara untuk sementara waktu. Laringitis ini pun memiliki gejala yang bervariasi, tergantung seberapa parah peradangannya.

Saat gejala lain menyertai laringitis ini, semisal demam, tidak enak badan, dan nyeri tenggorokan, ketahuilah hal ini merupakan laringitis yang disebabkan infeksi virus.

Pengobatan

Jika laringitis berasal dari peregangan pita suara, mengistirahatkannya dan menghirup uap mungkin bisa meredakan rasa sakit dan peradangan yang bisa membuat kondisi laring pulih normal.

Di sisi lain, jika laringitis merupakan gejala dari infeksi, keluhan terkait pita suara yang dialami tidak akan hilang hingga infeksi tersebut diatasi. Lalu, bila laringitis ini disebabkan oleh bronkitis atau infeksi bakteri lainnya, mengonsumsi antibiotik mungkin diperlukan. Sebagian besar infeksi disebabkan oleh virus dan tidak memerlukan antibiotik.

Begitu pula apabila refluks asam lambung atau alergi adalah sumber iritasi (penyebab laringitis), mengatasi dua kondisi ini bisa mempercepat penyembuhan radang pita suara.

Lalu untuk pencegahan, menghindari iritasi di tenggorokan dan tidak membuat pita suara tegang adalah cara terbaik untuk melakukan pencegahan terhadap radang pita suara. Dan pula, berhentik merokok adalah cara lain untuk mengobati laringitias akut atau kronis (itu bila penderita merupakan perokok).

8 Cara Penyembuhan Radang Pita Suara Secara Alami

cara penyembuhan radang pita suara

Tidak berbicara

Jika penyebab laringitis adalah akibat berteriak keras atau pita suara tegang, Anda bisa mengistirahat pita suara. Cobalah untuk tidak berbicara. Ketika bicara diperlukan, bicaralah dengan lembut, tetapi jangan berbisik.

Tetap terhidrasi

Minumlah lebih banyak cairan, terutama yang hangat-hangat, seperti teh. Tapi, hindari mengonsumsi alkohol dan kafein, yang bisa membuat tubuh dehidrasi.

Jaga tenggorokan tetap basah

Hisaplah permen bertekstur keras bebas gula, atau bisa dengan mengunyah permen karet. Tujuan dari ini adalah agar tenggorokan tidak terasa gatal.

Menghirup uap air

Kita bisa mengatasi radang pita suara ini dengan menghirup uap dari air panas. Cara untuk melakukan ini adalah dengan menempatkan kepala di atas air panas semangkuk besar. Atau bisa menggunakan humidifier.

Berkumur

Buat rileks tenggorokan dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam. Ingat, jangan berlebihan dalam mencampurkan garam, karena garam yang berlebihan bisa membuat iritasi lebih parah.

Madu

Bisa juga dengan menambahkan madu ke dalam air hangat atau teh hangat. Madu ini sering sekali digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan, hal ini juga berlaku sebagai cara penyembuhan radang pita suara. Alangkah baiknya mengonsumsi madu dengan air perasaan lemon.

Teh jahe

Jahe mampu meredakan selaput lendir yang meradang pada laring. Cobalah untuk mengonsumsi teh jahe. Caranya, masukan irisan jahe ke dalam air mendidih. Diamkan selama 30 menit. Begitu dingin, minum 1 cangkir setiap tiga atau lima kali sehari. Bisa juga menambahkan madu.

Berhentilah merokok atau minum minuman beralkohol

Dua kebiasaan ini bisa menyebabkan laringitis bertambah parah. Jadi, untuk mengatasi hal demikian, berhentilah merokok dan minum minuman beralkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: