Informasi Kesehatan

Cara Meningkatkan Kesehatan Sirkulasi Darah Secara Alami

Memiliki sirkulasi darah yang baik penting sekali untuk kondisi kesehatan. Dengan meningkatkan sirkulasi darah bisa membantu proses pengaliran darah ke semua organ vital dalam tubuh, mensuplai oksigen dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan.

Anda mungkin perlu peningkatan kondisi sirkulasi darah, ketika Anda merasakan kaki dan jari kaki terasa dingin, bengkak, kesemutan di tangan atau dikaki, dan mudah lelah. Sirkulasi darah yang buruk juga bisa sebabkan rambut rontok, pusing, dan sakit kepala.

Di sini Anda dapat mengetahui mengenai cara meningkatkan atau memperbaiki kondisi sirkulasi darah. Misalnya, banyak konsumsi makanan yang bisa merangsang peningkatan sirkulasi dara, mengontrol stres, berolahraga secara teratur, dan menghidrasi tubuh.

Apa itu sirkulasi darah?

Sirkulasi darah dalam tubuh diatur oleh organ jantung yang letaknya di sebelah kiri tulang dada. Menurut Dr. James Beckerman di situs WebMD, jantung berdetak sekitar 100.000 kali sehari dan memompa sekitar 2.000 galon darah.

Darah mengalir melalui serangkaian arteri yang memberi suplai nutrisi ke jaringan tubuh. Darah juga mengeliminasi limbah dan meningkatkan kesehatan.

Sirkulasi darah yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tekanan darah, menstabilkan tubuh tubuh, menjaga kadar pH, dan menjaga kondisi kesehatan sel dalam tubuh.

Akan berdampak buruk bila sirkulasi darah dalam kondisi buruk. Biasanya tubuh akan merespon dengan memunculkan beberapa gejala, seperti tekanan darah tinggi, nyeri dada, varises, sesak napas, dan pusing.

Apa yang memengaruhi sirkulasi darah?

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi sirkulasi darah. Sebagai contoh, The Ochsner Journal melaporkan bahwa penuaan dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan “insufisiensi koroner”–aliran darah yang buruk melalui pembuluh darah.

Seringkali, penuaan dan tekanan darah tinggi berjalan beriringan. Seiring bertambahnya usia, arteri kita kehilangan beberapa elastisitasnya dan menjadi lebih sempit. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan darah karena jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah.

Faktor lain yang bisa memengaruhi sirkulasi darah adalah kelebihan berat badan, diabetes, merokok, kadar kolesterol tinggi, dan kurangnya olahraga fisik. Hal ini sebabkan berbagai masalah kardiovaskular dan tingkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Cara meningkatkan kesehatan sirkulasi darah dalam tubuh

Cara meningkatkan kesehatan sirkulasi darah dalam tubuh

Berikut ini beberapa kiat dan saran yang bisa membantu peningkatan aliran dan memperbaiki sirkulasi darah.

Olahraga

Latihan fisik bisa meningkatkan sirkulasi darah dan ini akan membuat kondisi kesehatan seluruh tubuh menjadi lebih baik. Aktivitas fisik apa pun yang bisa tingkatkan pompa jantung adalah baik untuk kesehatan.

American Heart Association merekomendasikan olahraga minimal 150 menit setiap minggu. Mereka mengatakan bahwa salah satu manfaat terbesar olahraga secara teratur adalah meningkatnya sirkulasi darah yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Ini juga akan membantu Anda mengendalikan berat badan, mengurangi kolesterol, dan mengatur stres dengan lebih baik.

Peregangan

Cara yang sangat sederhana untuk memperbaiki sirkulasi darah setiap hari adalah melakukan peregangan. Peregangan setiap hari sangat penting jika Anda memiliki aktivitas yang memaksa untuk duduk setiap harinya.

Lakukanlah jalan-jalan kecil untuk bisa membantu menghindari dampak negatif dari aktivitas tersebut.

Sebuah studi pada tahun 2016 mengenai hubungan antara peregangan dan aliran darah menemukan bahwa hal itu bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Para periset menemukan bahwa peregangan membuat aliran darah meningkat ke jaringan dan organ dalam tubuh.

Pijatan

Memijat bisa membantu mengurangi peradangan dan tegangnya otot dengan tingkatkan aliran darah. Peradangan bisa sebabkan berbagai masalah kesehatan serius, dan dengan pemijatan bisa membuat pelepasan tumpukan racun dan tingkatkan sirkulasi darah.

Jurnal Medical Science Monitor melaporkan bahwa pijat meningkatkan aliran darah dan dapat meringankan nyeri punggung bagian bawah. Efek gesekan kulit akan meningkatkan suhu kulit dan meningkatkan aliran darah ke area pijatan.

Anda bisa lakukan pemijatan dengan minyak esensial. Ada banyak minyak esensial yang bisa bantu peningkatan sirkulasi darah. Misalnya, jurnal Phytomedicine melaporkan bahwa minyak rosemary meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, sebuah penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa minyak peppermint dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami.

Lakukan diet sehat

Dengan menerapkan diet sehat tidak hanya akan tingkatkan sistem kekebalan, juga dapat meningkatkan kesehatan vaskular Anda.
Diet sehat harus terdiri dari banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak , dan lemak sehat (ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan alpukat).

The British Journal of Clinical Pharmacology menerbitkan sebuah studi tentang pengaruh sayuran berdaun hijau pada sirkulasi darah. Para peneliti menemukan bahwa nitrat dalam sayuran membantu memperbaiki aliran darah dan meningkatkan kadar nitrat plasma.

Ada juga makanan yang membantu mencegah penyumbatan arteri . Bawang putih, ikan berminyak, buah beri, bayam, teh hijau, dan gandum semuanya memiliki sifat yang membantu meningkatkan kesehatan vaskular dan meningkatkan aliran darah.

Minum banyak air

Salah satu efek negatif dehidrasi adalah pengurangan aliran darah. Minum banyak air adalah cara yang baik dan murah untuk memperbaiki sirkulasi darah secara alami.

The Journal of Physiology melaporkan bahwa kekurangan air mempengaruhi aliran darah. Periset menemukan bahwa selama berolahraga, aliran darah ke otot berkurang secara signifikan jika seseorang mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri pada otot, dan kelelahan.

Kebanyakan ahli merekomendasikan minum 8-12 gelas air sehari. Namun, jika Anda berolahraga secara teratur atau tinggal di iklim yang panas, Anda harus meningkatkan asupan air agar tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga harus memperhatikan asupan alkohol dan kafein Anda karena mengkonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan dehidrasi.

Kurangi asupan kafein dan alkohol

Untuk membantu menjaga sirkulasi darah Anda tetap normal, Anda harus mengurangi jumlah kafein atau alkohol yang Anda konsumsi. Meskipun jumlah kafein dalam jumlah sedikit dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan berkontribusi terhadap kesehatan hati , terlalu banyak kafein dapat memiliki efek negatif pada sirkulasi Anda.

Priset telah menemukan bahwa telalu banyak kafein dapat memngaruhi aliran darah serebral. Mereka melaporkan dalam jurnal Human Brain Mapping bahwa sercara teratur minum kafein dalam jumlah berlebih memiliki efek negatif pada suplai darah ke otak. Terlalu banyak kafein juga dapat tingkatkan tekanan darah dan meningkatkan denyut jantung.

Mengonsumsi teh hijau

Untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung, minum teh hijau teratur. Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang melindungi sistem vaskular. Sifat terapeutik dalam teh hijau juga mampu membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

Minum teh hijau secara teratur telah terbukti memiliki efek pencegahan pada masalah jantung yang berkembang. Jurnal Current Medicinal Chemistry melaporkan bahwa teh hijau memiliki efek menguntungkan pada darah.

Sebagai contoh, penelitian tersebut menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau secara teratur membantu tingkatkan aliran darah pada perokok kronis. Mengonsumsi teh hijau secara teratur juga mengurangi risiko penyakit arteri koroner.

Batasi asupan garam

Untuk membantu aliran darah melalui darah dan tingkatkan sirkulasi, sebaiknya batasi jumlah garam dalam makanan. Kita tahu bahwa terlalu banyak garam terkait dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, namun beberapa penelitian menemukan bahwa garam juga secara langsung memengaruhi aliran darah.

Dr. Jennifer Keogh di WebMD mengatakan bahwa mengurangi garam dalam makanan memiliki efek positif pada pembuluh darah. Ini membantu mengatur aliran darah dengan baik dan memperbaiki kesehatan pembuluh darah.

Ginkgo biloba

Bahan herba ini telah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi dan menjaga aliran darah. Ginkgo biloba juga memiliki efek antioksidan pada sistem kardiovaskular dan fungsi otak.

Dalam buku The Herbal Remedies Guide, telah disebutkan bahwa daun Ginkgo adalah sebagai obat untuk beberapa penyakit. Ini adalah bahan herbal serbaguna yang juga bisa memperkuat memori dan meningkatkan sirkulasi.

University of Maryland melaporkan bahwa cara ginkgo biloba memperbaiki sirkulasi darah adalah dengan membuka pembuluh darah. Hal ini dapat membantu mencegah atau membalikkan efek sirkulasi yang buruk di kaki Anda.

Penelitian lain tentang manfaat gingko biloba telah menemukan bahwa hal tersebut meningkatkan aliran darah ke otak dan dapat membantu mengobati gejala demensia.

Demikian bagaimana beberapa cara di atas mampu menjadi cara meningkatkan kesehatan sirkulasi darah secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: