Uncategorized

Cara Mengobati Rahang Sakit Akibat Temporomandibular Joint atau TMJ

TMJ (sindrom sendi temporomandibular) berarti kondisi sendi temporomandibular mengalami peradangan dan membuat penderita kesulitan menggerakannya. Sendi ini menghubungkan mandibula (rahang bawah) dengan tengkorak. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan, sebab sendi yang meradangan tersebut tidak akan memungkinkan untuk membuka dan menutup rahang, serta tidak memungkinkan untuk penderita berbicara dan makan.

Di Amerika penyakit TMJ ini termasuk masalah kesehatan umum. Diketahui bahwa TMJ ini mempengaruhi sekitar 10 juta orang Amerika. Diketahui bahwa TMJ ini lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria.

Trauma yang terjadi di rahang bisa memicu terjadinya TMJ. Beberapa kondisi kesehatan lainnya pun bisa picu TMJ. Ini termasuk radang sendi, erosi sendi, kebiasaan menggertakkan gigi, dan masalah rahang struktural bawaan lahir.

Pada saat yang sama, faktor-faktor tertentu dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah rahangini. Faktor risiko seperti tersebut termasuk penggunaan kawat gigi ortodontik, posisi tidur buruk yang menekan otot-otot leher dan wajah, stres berkepanjangan, pola makan yang buruk dan kurang tidur.

Gejala umum TMJ adalah nyeri di wajah atau leher, otot rahang terasa kaku, rahang menghasilkan suara, dan gerakan di area rahang menjadi terbatas . Gejala tersebt dapat muncul pada satu sisi wajah atau keduanya.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang terkait dengan TMJ bersifat sementara dan dapat diredakan dengan perawatan yang bisa lakukan sendiri atau pengobatan rumah berbahan alami. Bahkan, ada beberapa pengobatan berbahan alami yang bisa dengan mudah didapat untuk mengatasi TMJ secara efektif untuk menghilangkan gejala dengan cepat.

Di bawah ini 10 cara mengobati rahang sakit akibat temporomandibular joint atau TMJ:

Isitrahatkan rahang

Untuk mengatasi gejala TMJ dan mencegahnya memburuk, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan beristirahat.

Anda dapat mengistirahatkan rahang yang bisa meringankan rasa sakit.

  • Tidak makan makanan yang membutuhkan banyak kunyahan atau makanan yang cukup keras atau renyah. Sebagai gantinya, konsumai makanan lunak dan sertakan sup, pasta, dan makanan lain yang mudah dikunyah.
  • Hindari makan makanan dalam ukuran besar dalam sekali suapan. Bagilah makanan menjadi porsi yang lebih kecil, sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak menggerakkan rahang.
  • Tidak mengunyah permen karet.
  • Jauhkan kebiasaan menggigit kuku atau pensil.
  • Tidurlah dengan posisi telentang atau miring.
  • Jika Anda menghabiskan banyak waktu bekerja di meja, jagalah postur tubuh yang benar.

Kompres Dingin

Tempelkanlah kompres dingin ke sisi wajah, ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin sedang dirasakan. Suhu dingin memiliki efek mati rasa pada saraf, sehingga membekukan pesan nyeri yang masuk ke otak.

  • Masukkan es ke dalam kantong plastik.
  • Bungkus dengan kain tipis.
  • Tempelkan kompres es ke area rahang selama 10 menit.
  • Beristirahatlah selama 10 menit sebelum menempelkan kembali kompresannya.

Perhatian: Jangan gunakan es secara langsung pada kulit, karena dapat menimbulkan risiko peradang.

Kompres Hangat

Menempelkan kompres hangat di rahang, di area leher akan memungkinkan otot-otot untuk rileks dan meredakan gejala TMJ.

Bahkan, kompres hangat ini dapat mengurangi rasa kaku dan nyeri rahang dengan meningkatkan suplai darah ke wilayah tersebut.

Namun, obat sederhana ini mesti dilakukan secara teratur selama seminggu atau lebih, daripada melakukannya ketika rasa sakit sedang dirasakan.

  • Rendam kain dalam air panas dan peras.
  • Pegang kain lembab ini di sekitar area rahang selama 5 hingga 15 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari selama beberapa hari.

Catatan: Sebelum menempelkan kompres hangat, periksa sarea rahang Anda.

Pijat

Memijat area di sekitar rahang adalah cara efektif lain untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Bodywork dan Movement Therapies menemukan bahwa teknik pemijatan dapat meningkatkan kemampuan gerak rahang, dan mengurangi intensitas serta mengurangi frekuensi nyeri terkait TMJ.

  • Oleskan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun pada rahang.
  • Pijat area tersebut menggunakan jari telunjuk dan tengah Anda, buat gerakan melingkar selama 5 menit.
  • Beristirahatlah dan coba buka dan tutup mulut Anda 4 atau 5 kali.
  • Ulangi proses ini beberapa kali.

Olahraga rahang

Untuk mengatasi gejala TMJ, Anda mesti melakukan olahraga terkait otot rahang Anda.

Olahraga tertentu membantu menguatkan otot-otot rahang, meregangkan rahang, mengendurkan rahang, meningkatkan mobilitas rahang, dan mendorong penyembuhan rahang. Semua itu untuk membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh otot yang kencang.

  • Buka mulut Anda selebar mungkin tanpa rasa sakit, lalu gerakkan rahang ke kanan dan tahan selama 10 detik. Lakukan hal yang sama dengan sisi kiri. Ulangi ini selama 5 kali.
  • Tekankan ujung lidah Anda ke langit-langit mulut, lalu secara perlahan buka mulut Anda selebar mungkin. Lakukan latihan sederhana ini sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda merasa sakit, berhentilah melakukan latihan.

Akupunktur

Akupunktur juga dapat digunakan untuk mengobati TMJ dan memberikan kenyamanan terhadap gejala-gejala TMJ. Titik-titik akupunktur terletak di sepanjang garis meridian di tubuh Anda, di mana seorang spesialis yang terlatih dalam akupunktur memasukkan jarum tipis untuk mengobati rasa sakit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry pada tahun 2007 melaporkan bahwa akupunktur memiliki pengaruh positif pada tanda dan gejala nyeri TMJ.

Sebuah studi 2017 yang diterbitkan di Medicine (Baltimore) menunjukkan bahwa terapi akupunktur konvensional efektif dalam mengurangi tingkat rasa sakit pada pasien dengan TMJ.

Krim Capsaicin

Capsaicin memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri rahang karena TMJ. Ketika diaplikasikan secara topikal, krim capsaicin menghasilkan sensasi hangat yang membantu mengurangi rasa sakit.

Krim capsaicin topikal penghilang rasa sakit yang dijual bebas tersedia dalam konsentrasi mulai dari 0,025 persen hingga 0,075 persen capsaicin. Yang perlu dilakukan hanyalah mengoleskan krim ke area rahang 2 atau 3 kali sehari.

Namun, pastikan untuk tidak mengaplikasikan krim capsaicin pada kulit yang rusak atau teriritasi.

Demikian bagaimana cara mengobati rahang sakit akibat TMJ atau temporomandibular joint. Semoga bisa menjadi manfaat terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: