Uncategorized

8 Bahan Alami Sebagai Cara Mengobati Kelebihan Kelenjar Tiroid

Akan lebih baik bila kondisi dari hipertiroid dikonsultasi ke dokter. Gunakan pengobatan alami atau rumahan hanya sebagai pengobatan tambahan.

Tiroid ini merupaka kelenjar berbentuk kupu-kupu yang letaknya di leher, tepat di bawah jakun. Tiroid ini dianggap sebagai kelenjar utama dalam mengatur energi dan metabolisme tubuh. Ketika tiroid terlalu aktif dan memproduksi hormon tiroksin dalam jumlah berlebihan, kondisi ini dikenal sebagai hipertiroidisme.

Penyebab umum dari hipertiroidisme ini termasuk gangguan autoimun yang dikenal sebagai penyakit Graves, peradangan kelenjar tiroid, sekresi abnormal hormon stimulasi tiroid (TSH), asupan yodium berlebihan, atau benjolan jinak atau nodul di tiroid.

Kondisi hipertiroidisme ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Penyakit ini dapat berkembang pada usia 30an tahunan, tetapi gejalnya lebih sering terjadi pada wanita di atas 60 tahun.

Beberapa tanda bisa menjadi indikasi hipertiroidisme seperti berat badan menurun drastis, detak jantung tidak teratur, merasa gelisah, keringat berlebih, siklus menstruasi berubah, bengkak di pangkal leher, kelelahan, otot melemah dan kesulitan untuk tidur.

Semakin cepat kondisi hipertiroidisme terdeteksi, semakin mudah pula untuk mengobatinya, baik itu dengan obat, suplemen, atau perubahan gaya hidup. Hipertiroidisme ini bisa pula diobati dengan beberapa bahan alami.

Berikut ini adalah 10 pengobatan alami untuk mengobati hipertiroidisme.

Bugleweed

Bahan herbal bugleweed, dikenal juga dengan Lycopusvirgi, yang dapat membantu mengontrol kondisi dari hipertiroidism ringan. Kandungan dalam tanaman ini mampu mengurangi jumlah hormon yang diproduksi tiroid.

Penelitian menunjukan bahwa bugleweed membantu menurunkan kadar hormon perangsang tiroid dan mengurangi sintesis hormon tiroid. Selain itu, dapat pula membantu menurunkan tingkat hormon tiroksin (T4) dan memblokir konversi hormon tiroksin (T4) ke triiodothyronine (T3). Cara konsumsinya:

  • Siapkan satu-setengah sendok teh bugleweed dan masukan ke dalam secangkir air mendidih dan biarkan selama beberapa menit. Saring
  • Bisa juga dengan ekstrak dari bugleweed dalam bentuk tingtur (dikonsumsi dua hingga enam ml per hari). Selain itu, kombinasi bugleweed, motherwort dan lemon balm bisa sangat efektif dalam mengobati hipertiroidisme secara alami.

Catatan: Jangan gunakan tanamanan ini untuk kondisi hipotiroidisme. Dan juga, mungkin tidak akan cocok untuk wanita hamil dan menyusui.

Lemon Balm

Daun lemon balm ini dikenal sebagai ramuan yang bisa membantu menormalkan kembali kelenjar tiroid yang terlalu aktif dengan mengurangi kadar TSH. Terkandung pula flavonoid, asam fenolik dan senyawa lainnya yang berguna untuk mengontrol tiroid.

Bahkan, lemon balm ini dapat menghambat antibodi yang merangsang kelenjar tiroid dan sebabkan penyakit Graves, yang sebabkan hipertiroidisme. Untuk kembalikan kondisi normal dari kelenjar tiroid minum teh lemon balm secara teratur.

  • Tambah dua sendok makan lemon balm ke dalam secangkir air mendidih.
  • Biar selama lima menit.
  • Saring dan minum 3 kali sehari.

Mengonsumsi lemon balm ini bisa dimulai dengan dosis kecil, sekitar setengah atau satu sendok teh lemon balm, dan bisa secara bertahap dosisnya meningkat, menjadi dua sendok makan, misalnya.

Motherwort

Herb motherwort, dikenal juga sebagai Leonurus cardiaca, bertindak sebagai beta-blocker alami dan membantu mengontrol peningkatan denyut jantung dan palpitasi. Bahan alami ini pula memiliki beberapa aktivitas anti-tiroid, yang membuatnya lebih berguna untuk mereka yang menderita kondisi hipertiroidisme.

  • Siapkan setengah sendok teh motherwort ke dalam secangkir air panas yang baru matang, diamkan selama lima menit. Saring dan diamkan hingga dingin.
  • Lalu minum tiga kali sehari.

Jangan minum bahan alami ini bila sedang mengonsumsi obat penenang.

Asam Lemak Omega-3

Bila tubuh tidak mendapat asupan asam lemak omega-3 yang cukup, bisa terdapat ketidakseimbangan hormon, termasuk hormon tiroid. Asam lemak esensial ini merupakan pengontrol hormon dalam fungsinya sebagai kekebalan tubuh dan pertumbuhan sel, dan juga dapat tingkatkan kemampuan hormon tiroid.

Brokoli

Sayuran hijau cruciferous yang mengandung zat yang dikenal sebagai isothiocyanate dan goitrogens, yang dapat membantu menahan tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon. Oleh karena itu, siapa pun yang menderita hipertiroidisme harus mencoba makan brokoli mentah sebanyak mungkin.

Sayuran cruciferous lainnya yang mungkin berguna adalah brussel sprout, cauliflower, rutabaga, lobak, kohlrabi, kale, sawi, dan lobak.

Sayuran laut

Sayuran laut ini adalah sumber yang baik untuk yodium, sebab mineral pentingnya baik untuk kesehatan tiroid. Yodium alami yang berasal dari sayuran laut dapat kembali menormalkan gangguan yang terjadi ditiroid.

Beberapa sayuran laut yang bisa digunakan dalam pengobatan hipertiroidisme adalah rumput laut, kombu, hijiki, nori, arame, kelapa laut, dll.

Kita bisa gunakan sayuran tersebut sebagai sup atau sebagai toping pizza, dsb.

Kubis

Salah satu makanan yang paling berguna dalam pengobatan hipertiroidisme, mengandung sejumlah besar goitrogens, zat yang dapat membantu mengurangi produksi hormon tiroid. Untuk hasil terbaik konsumsi kubis dalam keadaan mentah.

Buah beri

Jenis buah ini kaya akan vitamin dan berbagai sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan kelenjar tiroid. Berbagai jenis buah beri bisa dikonsumsi untuk mengatasi hipertiroidisme ini, seperti blueberry, blackbarry, stroberi, ceri, dan lainnya.

Inilah adalah beberapa makanan yang secara alami menekan produksi hormon tiroid dalam membantu pengobatan hipertiroidisme. Coba pula membatasi asupan produk susu dan kafein sebanyak mungkin untuk dapat mengendalikan gejala dari hipertiroidisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: