Uncategorized

11 Cara Melancarkan Sistem Limfatik Tubuh Secara alami

Sistem limfatik adalah salah satu sistem yang sering diabaikan, terutama dalam pemeliharannya tidak seperti sistem peredaran darah, padahal limfatik ini pengaruhnya amat signifikan, yaitu sama pentingnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketahui bahwa sistem limfatik merupakan salah satu dari dua sistem sirkulasi utama, selain sistem peredaran darah. Dan di tulisan ini akan dijelaskan 11 cara melancarkan sistem limfatik tubuh secara alami, yang diterjemahkan dari  tulisan LiveLoveFruit.Com.

Tugas sistem limfatik mencakup seluruh tubuh, semisal mengatur sistem pertahanan tubuh dan membuang zat-zat berbahaya dari dalam setiap sel. Limfatik ini adalah jaringan kompleks mulai dari kelenjer, saluran, dan pembuluh, termasuk juga limpa, thymus, kelenjar gondok, dan amandel.

Apa itu sistem limfatik?

Layaknya sistem peredaran darah, sistem limfatik ini merupakan sirkulasi sekunder yang fungsinya mengalirkan limfa atau getah bening ke seluruh tubuh. Ketika sistem limfatik ini tersumbat makan kondisi kesehatan akan terganggu.

Dengan tersumbatannya sistem limfatik tubuh akan menderita penyakit serius atau penyakit kronis. Kondisi demikian mestilah mendapat perawatan agar kondisinya tidak bertambah parah.

Limfa ini asalnya dari plasma darah yang keluar dari sistem peredaran darah ke dalam jaringan sekitar. Kemudian cairan tersebut dikumpulkan oleh sistem limfa melalui proses difusi ke dalam kelenjar limfa dan dikembalikan ke sistem sirkulasi.

Tugas sistem limfatik ini dengan menyerap kelebihan cairan, lemak, dan razun dari jaringan dalam tubuh kita ke dalam aliran darah di mana pada akhirnya akan disaring oleh hati dan ginjal.

Tanda-Tanda Sistem Limfatik Tersumbat

Mungkin sistem limfatik tubuh kita sedang mengalami hambatan dalam mengalirkan cairannya akibat terdapat sumbatan. Berikut adalah tanda sistem limfatik kita tersumbat:

  • Masalah kesehatan di kulit (jerawat, eksim, psoriasis, dermatitis, kulit gatal dan kering, dsb)
  • Infeksi sinus
  • Radang sendi
  • Bursitis
  • Kelelahan
  • Retensi urine
  • Tangan dan kaki dingin
  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Kanker

Untuk menjaga kondisi kesehatan, bila mengalami kondisi seperti di atas baiknya segera temui dokter. Kombinasikan pula dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, untuk tingkatkan sirkulasi sistem limfatik.

Cara Melancarkan Sistem Limfatik Tubuh

Selain menemui dokter, bisa juga melakukan beberapa cara detoksifikasi atau cara untuk melancarkan sistem limfatik tubuh.

1. Tetap terhidrasi

Sistem limfatik membutuhkan air untuk bekerja lebih baik. Dengan cairan yang terus disuplai terutama air akan membuat cairan getah bening mengalir lancar.

Meminum setidaknya 1 liter air lemon hangat di pagi hari adalah cara terbaik untuk melancarkan sirkulasi dalam sistem limfatik. Lalu, minum kembali air lemon tersebut 2 liter sepanjang hari.

2. Olahraga

Berbeda dengan jantung, yang akan memompa dengan sendirinya, sistem limfatik kita bergantung pada kontraksi dan relaksasi otot-otot dan persendian untuk menggerakan cairan getah bening. Dengan olahraga tubuh bisa tingkatkan suplai oksigen ke jaringan dan sel, dan membantu mensirkulasi pembuangan racun.

3. Tarik napas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam adalah bentuk olahraga yang baik untuk sistem limfatik, serta untuk organ paru-paru. Lantaran tubuh kita memiliki tiga kali lebih banyak cairan getah bening daripada darah, olahraga ini penting untuk menggerakan racun ke dalam darah sehingga bisa didetoksifikasi oleh hati dan ginjal.

4. Menyikat kulit kering

Cobalah untuk menyikat kulit menggunakan sikat bulu alami sebelum mandi. Sikat kulit kering dengan gerakan memutar ke atas dari kaki ke badan dan dari jari ke dada. Menyikat kulit atau kulit yang kering dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu meningkatkan warna kulit.

5. Pijat

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi getah bening dari jaringan di tubuh. Bahkan, sekali pijatan di seluruh tubuh dapat meningkatkan volume aliran getah bening hingga 20 kali, sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk mengeluarkan racun, bakteri dan virus. Ditambah, dapat meredakan kelelahan dan rasa sakit. Cobalah untuk melakukan pemijatan secara berkala. Ini akan membantu mempromosikan aliran getah bening di seluruh tubuh.

6. Mandi bergantian dengan air panas dan dingin

Bergantian mandi dengan air panas dan dingin sebetulnya cukup bermanfaat ketika ingin melancarkan sistem limfatik. Air panas membantu melebarkan pembuluh darah, dan yang dingin untuk mengontraksinya. Hal ini menciptakan tindakan memompa alami yang memaksa cairan limfa menuju hati dan ginjal untuk diekskresi. Ini adalah solusi terbaik untuk membuat getah bening tubuh mengalir dengan lancar di tubuh.

7. Obat herbal

Ada banyak bahan alami untuk dijadikan obat herbal yang bisa membantu sistem limfatik seperti teh essiac , milk thistle, astragalus, echinacea, dsb. Dengan bahan alami ini kondisi kesehatan sistem limgfatik dapat meningkat.

8. Diet antiinflamasi

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan lemak sehat bisa menjaga kondisi sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Juga membantu tingkatkan kondisi sistem limfatik. Cobalah untuk mengonsumsi beragam sayuran dan rempah-rempah hijau, buah segar, dan ragam bauh atau sayuran merah seperti buah beri, buah delima, ceri, cranberry dan bit.

9. Hindari pakaian ketat

Menghindari pakaian ketat memungkinkan pembuluh limfatik berjalan lebih lancar. Memakai pakaian ketat seperti kaus kaki dan bra underwire dapat menekan pembuluh limfatik dan menghambat aliran limfatik. Sangat penting untuk memperhatikan ini ketika mengenakan apa pun di sekitar payudara, lengan dan dada–yang pasti tidak menekan aliran limfatik.

10. Mengontrol stres

Penghambat aliran limfatik dapat meningkat ketika secara fisik dan emosional stres. Mengontrol stres harian kita seminimum mungkin bisa meminimalkan dampak buruk pada sistem limfatik, pencernaan, dan kesehatan secara menyeluruh. Menghabiskan lebih banyak waktu di alami dan mengikuti kelas yoga atau meditasi bisa menjadi cara terbaik untuk menekan tingkat stres. Bisa pula meluangkan waktu untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap tenang ketika situasi yang mungkin membuat kita kesal.

11. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga lingkungan tetap bersih dan/atau bersih dari zat beracun adalah kiat terakhir untuk melancarkan sistem limfatik. Mengurangi paparan bahan kimia dalam makanan, udara, produk perawatan pribadi, dan air sangat penting. Cobalah untuk mengganti deterjen, produk kecantikan, produk pembersih rumah, wewangian sintetis (seperti Febreeze atau lilin beraroma) dan apa pun yang digunakan ke bahan yang lebih alami.

Demikian bagaimana kiat-kiat di atas menjadi cara melancarkan sistem limfatik tubuh. Amat berterima kasih pula pada mbak Carly Fraser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: